Arisan

Arisan.

Salah satu kegiatan arisan
Sebut kata ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan manapun di negri ini. Arisan menjadi bagian penting dari kegiatan masyarakat Indonesia , sejak dari yang awam sampai ke level atas. Hanya saja di bedakan model dan bentuk serta periode pertemuannya saja.

Secara bahasa arti Arisan adalah suatu pertemuan dari suatu kelompok tertentu dari masyarakat dan mengumpulkan uang , yang kemudian melakukan pengundian, pengocokan. Salah satu anggotanya akan mendapat kan arisan tersebut setelah menang dari pengocokan tadi. Umumnya arisan dilakukan dalam periode tertentu sebulan sekali, triwulan sekali. Jumlah iuran kumpulan uangnya bervariasi ada yang kecil ratus ribu sampai jutaan rupiah.

Asal Mula Arisan
Kegiatan suatu kelompok masyarakat  ini sudah sejak lama di kenal , akhir akhir ini saja bermacam macam bentuk dan caranya. Sedang pada jaman dahulunya komoditas alat tukarnya merupakan barang, bukan uang semata.

Salah satu contoh arisan padi/gabah. karena tidak semua anggota mempunyai , memegang uang dan oleh karena itu sangat luwes di ganti dengan padi atau gabah.

Ada lagi arisan untuk suatu pembelian ternak Sapi, Kerbau atau kambing. Meski demikian tetap mendasarkan nilai sejumlah uang tertentu.

Sejak jaman nenek moyang , leluhur dulu semasa masih kerrajaan pun sudah dikenal kegiatan arisan ini. Jadi kapan mula di kenal sosialita ini.

Banyak manfaatnya



Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "Arisan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel