Sapu Lidi

Sapu Lidi,

Benda ini merupakan satu benda yang tersusun dari sekumpulan yang lebih kecil . Dalam masyarakat Sapu Lidi banyak digunakan sebagai alat pembersih halaman. 

Tetapi juga dipergunakan dalam peribahasa yaitu bersatu kita teguh bercerai kita runtuh semacam sapu lidi.

Banyak inspirasi yang di ambil dari benda ini. Seperti misalnya soal persatuan , kekuatan kalau kita bersatu. Kelebihan persatuan jauh lebih kuat dari pada sendiri sendiri , individual.

Padahal kita tahu kalau sapu lidi hanyalah tulang daun kelapa ( jawa : "biting" ) dan kekuatannya seberapa sih.

Kegunaan Sapu Lidi
  1. Untuk menyapu halaman, pembersih sampah daun kering yang jatuh dari pepohonan di halaman rumah, di pasar, di mana mana saja. Sapu Lidi menjadi kuat dapat mendorong sampah karena banyak lidi di satukan dengan ikatan yang kuat .
  2. Lidi nya di gunakan untuk tusuk daun pincukan.  Kalau di kampong kita sarapan pagi bubur atau jenang sumsum, maka piring nya dari daun dibentuk pincuk. Nah pengikat kunciannya dengan tusukan potoingan lidi.
  3. Sapu lidi di taruh terbalik di sandarkan di pagar. Biasa di gunakan ini untuk menjaga agar selamat dari pencuri. Kan kalau membuka pagar ketahuan sapu lidinya bergeser jatuh , atau pindah.
  4. Sapu Lidi menjadi senjata mengusir nyamuk atau lebah . Kalau kita diserang serangga, maka biasanya ambil sapu lidi yang ukuran kecil disebut " Tebah" (jawa : Tebah = alat pembersih tempat tidur, balai balai). 
  5. Setiap rumah sekurang kurangnya satu Sapu Lidi mesti punya. Oleh karena itu selalu ada dijual di kedai kedai kelontong. Kedai yang menjual sapu lidi, sapu ijuk, sapu sabut kelapa , sulak , bulu ayam , gayung mandi dan lainnya.
  6. Sapu Lidi menjadi senjata kerjanya pasukan "Orange" di Jakarta. Termasuk pak Bon di sekolah, di masjid, di kantor dan di gedung gedung yang ada halaman luas ada pepohonan , tentu mempunyai persediaan Sapu Lidi.
  7. So, Sapu Lidi tersedia di mana mana tanpa memandang rumah pribadi maupun rumah kantoran, ataupun sekolahan ataupun masjid dan sebagainya. Bahkan di pasarpun selalu ada Sapu Lidi.
  8. Di satu waktu ada yang mempercayai bahwa Sapu Lidi dapat digunakan untuk mengusir setan atau jin jahat.  Saya tidak tahu , tapi ini sekedar saya tulis ,dari sumber sana sini.

Kekuatan Yang Dahsyat Dari "Syuh"

Ada kekuatan yang dahsyat dalam sapu lidi. Coba bayangkan kalau hanya satu batang lidi saja. Dimana kelebihannya dalam hal ini. Bolehkah dapat untuk mendorong tumpukan sampah yang menggunung?

Namun setelah menjadi satu kesatuan yang anggotanya terdiri dari hanya 50 sampai dengan 100 pasukan lidi dan disatukan oleg pengikat yang disebut "Syuh" atau "Suh"

Nah oleh karena itu , jadikanlah kelompok kamu menjadi sesuatu persatuan yang maha kuat bagai kekuatan sapu lidi. Ambil satu pengikat yang dapat menyatukan kamu semua. Banyak hal yang membuatmu bersatu, contoh sama sama berjuang demi kemerdekaan Indonesia dahulu oleh para pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Sekarang jaman milenial apa yang dapat membuat kamu bersatu untuk negara dan bangsa ini NKRI dan rakyat Indonsia. Maknai " Sapu Lidi" , cari "suh" dan bersatulah dalam kelompok sapu lidi kamu.

Saya yakin kalau seluruh elemen dapat memahami makna sapu lidi, niscaya akan terinspirasi persatuan kesatuan yang maha besar. Arahkan kepada bangsa dan negara kita tercinta Indonesia yang mempunyai wilayah Nusantara yang maha kaya, alam, tumbuhan dan isi lautan, hasil daratan, hasil isi bumi dan banyak ragam nya lagi.

hayo hayo kamu masih bisa dan maknakan sapu lidi dalam persatuanmu.

Simpul Turki

Anyaman pengikat pemersatu dalam Sapu Lidi ini di buat dengan cara tali temali yang di kenal "Simpul Turki". Suatu pertalian saling melingkari dan menjadi satu kekuatan yang maha dahsyat. Dan dari kekuatan "syuh" ini telah menyatukan sekian jumlah pasukan lidi menjadi suatu persatuan atau kelompok yang mempunyai kekuatan untuk dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai alat pembersih. 
Itu lah yang di sebut " SAPU LIDI" 

Makna Kekuatan Dalam Persatuan

Dengan mengambil inspirasi dari benda yang tampak remeh temeh "sapu lidi", maka dapat d i ambil ispirasi yang maha dahsyat.  


"Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh

, dalam persatuan ada kekuatan, Kita kuat kalau bersatu, kekuatan penuh dalam bersatu.

Nah sebut saja contoh "sapu Lidi", maka semua orang pasti langsung dapat memahami apa yang dimaksud dengan ucapan tersebut.

Nah sekarang bagi kita, kami, kami apakah hanya cukup ....oh ya, saya pernah dengar atau ya saya paham... Ini saja tidak cukup.

Mari maknai dengan suatu gerakan bersatu kita menjadi kuat nan dahsyat. Dengan hanya memakai peribahasa yang awam notabene alai alai "Sapu Lidi" marilah kita mabil makna yang paling dalam.


Berjuang modal "Sapu Lidi"

DariGoogling Tribun Jambi
Bersatulah dimulai dari lingkungan terkecil kamu, kakak beradik, kluarga, disekolah ada OSIS, di kampus  ada Himpunan Mahasiswa, di masyarakat ada kelompok tani, kelompok pengajian, kelompok arisan.

Perjuangan pahlawan dahulu juga memakai peribahasa "bersatoe kita tegoeh, bercerai kita roentoeh"  inilah yang membuat merdeka negara tercinta. Leluhur pahlawan yang berjuang tanpa kenal lelah, tanpa kenal imbalan apapun pada jamannya dahulu hanyak persatuan dan kesatuan modalnya.

Ingat pepatah kuno "Sapu Lidi"


Lagu Keroncong "Sapu Lidi"

Ada lagu langgam keroncong berjudul "Sapu Lidi" yang di nyanyikan oleh penyanyi keroncong yang legendaris Toto Salmon di jaman dahulu. Meski ada yang lainnya Sapu Lidi dinyanyikan oleh Sundari Soekotjo dan Mus Mulyadi
  • Sapu lidi.. daun kelapa
  • Jiwa manis.. si daun kelapa
  • Ai.. ya tuan, ambil sebiji 
  • Ambil sebiji non
  • Jiwa manis jatuhlah di lumpur 
  •  
  • Sapu lidi di atas lemari 
  • Yang baik budi non 
  • Jiwa manis itu yang kucari 
  •  
  • Kita kini siap siaga 
  • Jiwa manis.. siaplah siaga 
  •  
  • Ai.. ya tuan, berani mati 
  • Berani mati non 
  • Terus maju maju pantang mundur 
  •  
  • Sapu lidi dari dari Kerawang 
  • Patriot sejati non 
  • Pantang mundur teruslah berjuang
Secara keseluruhan lagu keroncong ini yang di aransir pada jaman perjuangan dahulu ingin menyampaikan suatu pesan bahwa kita harus bersatu untuk menjadi kuat dan mampu melawan tantangan kemajuan jaman, tantangan penjajah, tantangan untuk berjuang.

Bahan dari Pohon Kelapa

Daun Kelapa
Sapu Lidi terbuat dari bahan daun kelapa yang diambil tulang daunnya saja. Kemudian dibersihkan dengan pisau , sehingga menjadi halus rapi , tidak tajam kena jari, dan lidi demi lidi semua bersih dan halus.

Untuk mendapatkan satu sapu lidi dapat di ambil dari dua sampai 4 batang daun kelapa  ( jawa "belarak").

Pohon Kelapa sendiri merupakan salah satu poko tumbuhan yang semua tubuhnya dapat di manfaatkan oleh manusia. Sebut saja :
  1. Buah Kelapa , kelapa Tua, kelapa muda, kelapa kopyor, kelapa pandan
  2. Janur , daun muda kelapa
  3. Batang kelapa , untuk tiang rumah, palang jembatan
  4. Sabut kelapa untuk sapu , untuk tanam anggrek
  5. Tempurung kelapa untuk arang tempurung
  6. Kelapanya untuk santan kelapa
  7. Umbut kelapa untuk di makan , dimasak sayur putih.
  8. Bonggol pohon kelapa untuk membuat "Kentongan" (bunyian jawa)
  9. Tanaman pohon Kelapa sebagai penghalang ombak dari laut.
  10. Tanaman pohon Kelapa sebagai peneduh halaman yang manfaat.

Harga Sapu Lidi Rp15000,.

Satu sapu lidi harganya hanya Rp15000,. rupiah saja, namun maknanya lebih dari 15000 kali. Coba saja hitung dari pagi hingga petang , apa saja yang aktif mempergunakan sapu lidi. 

Mungkin di tempat yang jualannya lebih elok harganya 20000 rupiah saja.

Harga sesuai bahkan masih lebih banyak bantuannya kepada kita :
  1. Pagi subuh sudah kerja di halaman
  2. bangun tidur kerja di balai balai
  3. siang kerja di jemuran kasur, jemuran ikan
  4. Siang juga kerja di pasar
  5. Siang kerja di terik matahari jaga jangan hujan
  6. Petang kerja lagi di halaman
  7. Malam kerja jaga pagar
  8. Kadang kerja ngusir hantu
  9. Kadang di ambil untuk dipotong buat tusuk pincukan
  10. kadang di ambil untuk tusuk sate lalat.
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "Sapu Lidi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel