5 Negara Paling Bersih Lingkungannya

5 Negara Paling Bersih Lingkungannya



Tumpukan Sampah, Sumber googling
Kalau kita melihat betapa pentingnya satu hal adalah kebersihan lingkungan, Nah berikut adalah 5 negara paling bersih lingkungannya dari seluruh negara negara di dunia. Pepatah mengatakan Kebersihan pangkal kesehatan, ada juga yang menyebut kebersihan sebagian dari pada iman, kebersihan awal keteraturan dan sebagainya.

Apa saja kira kira kriteria yang di maksud kebersihan lingkungan ?

Dalam hal ini yang kita maksud dari 5 negara paling bersih lingkungan termasuk kebersihan dari : sampah, keteraturan taman kota dan tata kota, penataan lingkungan, pengaliran atau drainase, tata kelola lingkungan, dan juga pemeliharaan atas lingkungannya sendiri. Nah semua terangkum di dalam lah.

Adakah di sini termasuk dalam kelima negara terbersih tersebut?. 

Wow sungguh senang berada di lingkungan yang bersih ya. bagaimana dengan dirimu, senang kah? Hayo kita lihat uraiannya , di ambil dari sumber mana mana yang penting dapat menambah ilmu pengetahuan.


Kalau begitu pilihan saya adalah sebagai berikut, sesuai apa yang saya baca dan ketahui dari sana sini, info teman teman yang ahli jalan jalan ke luar negri dan nonton televisi juga lah.
 

1. Swiss

Bern capital, Switzerland
Negara berpenduduk 8,5 Juta jiwa ini terhampar di wilayah Eropa Tengah dengan luas 41 235 Km persegi. Sungai Aare mengalir di tengah kota Bern dengan airnya yang sungguh seolah dapat di jadikan air minum. 

Tampak tepian sungai bangunan tempat tinggal dan perkantoran yang sungguh bersih hampir tidak dijumpai tumpukan sampah menggunung di mana setiap sudut selalu menjadi terlihat bersih dan indah. 


Sungai Aare, Swiss
Banyak cagar alam yang dijaga dengan undang undang federal. Taman nasional Swiss telah di dirikan sejak 1914 dan merupakan yang pertama di daratan Eropa.

Tak seenaknya memetik bunga, menebang pohon, mematahkan pohon kecuali atas se-ijin federal. Begitu taat dan sangat menjaga lingkungan dari asap , kendaraan besar melintas di trans Alpen. 

Dapat di bayangkan sampai Negara Swiss care dan membuat undang undang tentang menjaga lingkungan . Itu memerlukan suatu kesadaran yang begitu tingkat atas untuk para pemimpin negara itu. Tak mudah bagi orang atas untuk menjadi sadar akan keperluan menjaga umum termasuk lingkungan. 

Nah hebat bukan , sekarang bandingkan dengan apa yang ada di sekitar kita. Tidak ada yang terlambat atau apapun. Mari kita mulai sama sama menjaga lingkungan. Terutama sampah yang datang dari diri kita sendiri.

2. Jepang

Insineration at Shinagawa, Japan
Salah satu negara maju di benua Asia adalah Jepang atau Jepun . Negara ini sungguh sangat maju dengan pesatnya semenjak kekaisaran Meiji. Pada masa itu pemerintah mengirimkan banyak pemuda untuk menimba ilmu di negri Eropa termasuk ke Jerman. 

Mulailah skembalinya ahli muda ke tanah airnya. Dari sini dimulailah teknologi pembaharuan di mana mana. Mesin, listrik dan mekanika semua berjalan sangat laju dan semua munafaat bagi kehidupan pada masa itu sampai sekarang. 

Dalam hal ini, tidak ketinggalan pula bidang HSE ,lingkungan hiudp menjadi topik yang paling di jaga dan di perhatikan oleh segenap pegawai di Jepang.

Dimana ada pabrik atau pekerjaan teknologi maupun umum, selalu di dahulukan briefing tentang keselamatan kerja. ini sangat menarik bagi saya. Coba saja dengan begitu satu persatu pengetahuan soal HSE telah di budi dayakan dari man to man marking.
 

3. Jerman

The Clean City, Hamburg Germany
Negara nya merupakan dua negara menjadi satu. Dan ini merupakan salah satu negara maju teknologi dan pengetahuannya. Tercatat banyak inovasi ilmu pengetahuan di cetuskan di negri ini, terutama dalam bidang teknik. 

Dalam persoalan lingkungan , maka Jerman sudah meemulai memproses sampah menjadi suatu yang bermanfaat terhadap lingkungan. Proses Recycle banyak di lakukan di mana mana tempat pembuangan sampah.

Penduduknya sungguh sadar akan menjaga lingkungan, tanpa perlu di kejar kejar dengan petugas . sesekali jalan di tengah kota di Jerman , sebut lah Kota Hamburg yang terkenal dengan kebersihan udara dan lingkungannya.

Di kota ini seperti tampak tiada selembar sampah di mana pun kamu berjalan. Semua sadar akan arti menjaga kebersihan bukan saja di dalam ruangan bahkan sampai ke luar ruang dan di tempat umum sekalipun.

 

4. Australia

Melihat luasnya benua Kangguru ini pasti akan terhenyak melihat betapa bersihnya di mana mana jalan jalan kota. 

Cobalah sekali waktu melakukan perjalanan keliling Australia dengan bus atau kendaraan sewa. Terasa berjalan di lingkungan yang terjaga betul betul. Saya setuju pendapat teman bahwa pengelolaan lingkungan bukan saja di beri aturan dan selesai. Akan tetapi perlu membuat contoh, perlakuan diri pemimpin dan pengatur di tempat umum. Semua menjadi bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan. Hebat kalau demikian. Boleh jadi contoh 


Kota mana yang kamu suka di Australia?

Saya memilih Adelaide, karena bersih dan seperti sangat teratur rapi di mana mana. so oleh program yang di sebut Smart City. Menarik sangat menurut saya.

World Environment Day 5 Juni 2019 ? Apa itu ya?


Botanic Garden, Adelaide
Wow sungguh nyata apa yang dilakukan oleh warga di sana, dengan banyaknya kegiatan tentang lingkungan. Hayo siapa yang minat datang, seraplah informasi dan pengetahuan semaksimal mungkin. Dan untuk di tularkan ke sekitar kamu, ya jangan lupa.

 

 

5. Swedia

Rubbish Tong
Satu lagi negara yang saya rekomendasi menjaga dan memperhatikan soal sampah adalah Swedia. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau mesin pengolah limbah banyak dibuat disini. 

Satu hal meresikle sampah di kelola dengan sangat serius dan menjadi program utama dalam budget negara ini. Sebut dalam Swedish Recycling Revolution

Work for rubbish
Ada lagi tentang keberhasilan negara ini mengolah sampah. Dalam tulisan nya , penulis cantik ini menuturkan 6 Brilliant Ways Sweden Recycle It's Garbage

Kalau di Bantar Gebang dengan segunung sampah itu boleh di kelola bekerja sama dengan Negara ini. Boleh mengimport teknologi dari Swedia.

Sungguh suatu hal yang menarik. Setidaknya satu langkah mengurangi polusi atas bau tak sedap dari para saudara yang tinggal di sekitar BG.


Bagaimana Lingkungan di sekitar tempat tinggalmu?


Contoh  X buang sampah
Saya rasa pertanyaan saya cukup wajar. Pasal sebagai hal wajar setelah membaca tulisan ini, setidaknya saya terinspirasi untuk mempunyai lingkungan yang seperti di negri orang tersebut.

Tetapi kadang sedih juga saya melihat sampah yang sering dibuang begitu saja di tepi jalan. Bahkan ada saja yang sengaja di taruh saja di tepi jalan di trotoar yang cukup ramai trafik lalulintasnya. 

Dalam hati saya bertanya. Kok ya tega ya naruh sampah di sembarangan?

Ah saya saja yang terlalu perasaan apa ya. Namun setelah sekian waktu saya berpikir apa tidak ada tempat membuang? 
Contoh X buang sampah

Lah tinggal di mana emang ya ? kan ada saja sudut kampong atau RT RW selalu ada tempat buang sampah. 

Gunakan jasa pemungut sampah juga murah saja. Lah kita boleh patungan bersama tetangga sekali. 

Yang paling bagus semua merasa perlu ber perhatian atas sampah disekitar kita, apalagi sampah itu datang dari kegiatan kita sendiri.  harus merasa malu kalau kita menambah beban sampah keluar dengan seenak saja.

Ya kan.  Semoga Keep Our Environment
Ruby Silica Putri care environment from garbage , how solve the trust, rubbish , safe the environment for future

0 Response to "5 Negara Paling Bersih Lingkungannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel